Seputar Peradilan

Nonton Bersama Live Streaming Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru

Depok - Senin, 22 Oktober 2018, Ketua, Wakil bersama beberapa pejabat struktural dan fungsional, para pegawai dan para cakim, melakukan kegiatan nonton bersama acara Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru melalui saluran channel youtube. Kegiatan ini juga dalam rangka mengikuti instruksi Sekretaris Mahkamah Agung RI dalam Surat Edaran No. 9 Tahun 2018 Tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru. Streaming dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.WIB. Seharusnya bisa saja, setiap pegawai menonton di komputer masing-masing, namun Ketua menginstruksikan agar para pegawai dapat menonton bersama sehingga dapat terbangun suasana kebersamaan. Selain itu, cukup banyak juga informasi yang dapat diperoleh dari acara tersebut.

Acara peresmian tersebut dibuka dengan sambutan dari Bupati Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan laporan dari Sekretaris Mahkamah Agung RI, A.S. Pudjoharsoyo. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E., dan terakhir sambutan dan sekaligus meresmikan operasional dari 85 pengadilan baru, oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali. Acara ini juga dihadiri oleh 69 Pimpinan dari empat lingkungan peradilan, 85 calon Ketua pengadilan baru, beberapa Bupati dan walikota dari wilayah pengadilan baru tersebut serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, baik Bupati Talaud dan Gubernur Propinsi Sumatera Utara, menyatakan terimakasihnya, atas dibukanya pengadilan di Talaud tersebut, karena sebelumnya, masyarakat pencari keadilan harus naik perahu pagi dan sore hari untuk pulang pergi dari Talaud ke Tahuna.

Dalam pidato sambutannya, Ketua Mahkamah Agung juga mengucapkan terimakasihnya atas kerjasama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, atas kerjasamanya sehingga acara peresmian ini dapat terlaksana. Hatta Ali juga menegaskan, bahwa dibentuknya dan diresmikannya 85 pengadilan baru ini adalah salah satu dari misi Mahkamah Agung untuk dapat menghadirkan keadilan sampai dengan wilayah terluar di seluruh penjuru Indonesia. Selanjutnya Hatta Ali mengajak semua hadirin yang hadir untuk menjadikan momen peresmian ini sebagai momen pemerataan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terakhir, peresmian operasional pengadilan baru secara simbolis, dengan menandatangani piagam dan memencet tombol, yang dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, didampingi oleh Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA RI Bidang Non Yudisial, Sekretaris MA RI, Gubernur Propinsi Sulawesi dan Bupati Kepulauan Talaud. (ns)