Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Depok Mengikuti Sosialisasi E-Court se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat

Bandung - Kamis s.d. Jumat, 20 - 21 September 2018, Pengadilan Agama Depok memenuhi undangan dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat untuk mengikuti sosialisasi E-Court dan Penggunaan Virtual Account Bank Mandiri Syariah di Hotel Holiday Inn, Bandung bersama dengan Pengadilan Agama lainnya se-wilayah Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Bank Mandiri Syariah (BSM) dengan Badan Peradilan Agama (Badilag) dalam rangka mempersiapkan satker-satker di Lingkungan Peradilan Agama untuk menyongsong implementasi E-Court yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung sudah harus terlaksana tanggal 17 Agustus 2019 di seluruh pengadilan tingkat pertama di seluruh Indonesia. Adapun Pengadilan Agama Depok diwakili oleh DR. H. Andi Akram, S.H., M.H. (Ketua), Purnama Sari, S.Ag. (Panmud Hukum), dan Nita Setyanigrum, S.T., M.Si. (Admin E-Court).

Acara dibuka oleh Dirjen Badan Peradilan Agama, Dr. H. Aco Nur, S.H., M.H. pada Kamis, 20 September 2018 pukul 15.00 dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang E-Court oleh Kepala Biro Humas MARI, Dr. Abdullah, S.H., M.S. Sebelum kegiatan dibuka oleh Dirjen Badilag, Anggota Direksi Bank Mandiri Syariah memberikan sambutan dengan memperkenalkan program-program Bank Mandiri Syariah yang akan mendukung penerapan E-Court di Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Keesokan harinya diberikan pemaparan materi oleh Kabiro Humas Mahkamah Agung, Tim Bank Mandiri Syariah dan Tim Pengembang Aplikasi E-Court Mahkamah Agung RI. Puji Wiyono, S.Kom sebagai perwakilan dari Tim Pengembang E-Court Mahkamah Agung memberikan materi mengenai bagaimana penggunaan aplikasi E-Court dan bagaiman arencana pengembangan aplikasi selanjutnya. Pengadilan Agama Depok sebagai satu-satunya Pengadilan Agama yang menjadi pilot project, membantu narasumber dengan membuka aplikasi ecourt.mahkamahagung.go.id sebagai contoh penggunaan aplikasi E-Court kepada para peserta sosialisasi. (ns)