Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Depok Menyelenggarakan Sosialisasi E-Court Untuk Advokat

Depok - Jumat, 31 Agustus 2018, Pengadilan Agama Depok menyelenggarakan Sosialisasi E-Court bagi para Advokat. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.30 WIB di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Depok.Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Depok, Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H. didampingi oeh wakil Ketua, Dra. Hj. Sarbiati, S.H., M.H. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari upaya penerapan program E-Court di Pengadilan Agama Depok yang merupakan salah satu dari 9 Pengadilan Agama yang ditunjuk sebagai pengadilan uji coba implementasi E-Court. Adapun program E-court ini merupakan wujud dari Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik tanggal 29 Maret 2018 dan berlaku sejak 4 April 2018.

Dalam pembinaannya, Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H. menyatakan bahwa E-Court merupakan pembaruan dalam dunia peradilan yang juga harus dapat diikuti oleh para Advokat jika tidak ingin tertinggal oleh perkembangan jaman. E-Court meliputi dimana pendaftaran perkara (E-Filling), pembayaran panjar biaya (E-Payment), dan pemanggilan secara online (E-Summons).Meskipun demikian, aplikasi E-Court ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga banyak hal-hal baik dari sisi regulasi maupun teknis yang akan dikembangkan.

Usai pembinaan dari Ketua Pengadilan Agama Depok, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan praktek pendaftaran pengguna terdaftar yangdipandu oleh staf IT Pengadilan Agam Depok, Nita Setyanigrum, S.T., M.Si. Para Advokat yang hadir banyak pula yang langsung mendaftarkan identitasnya melalui link ecourt.mahkamahagung.go.id. Namun sayang, karena waktu yang terbatas, praktek tidak dapat sampai selesai pada pendaftaran gugatan online Namun demikian Pengadilan Agama Depok siap membantu para pengacara jika ada hal-hal yang akan ditanyakan perihal E-Court ini. (rifky/ns)