Seputar Peradilan

Studi Lapangan Calon Hakim : Diskusi dan Tanya Jawab

Jumat, 23 Maret 2018, Pengadilan Agama Depok kembali kedatangan tamu para Calon Hakim dari Balitbang Diklat Kumdil MARI untuk kegiatan studi lapangan. Rombongan Calon Hakim yang dipimpin oleh Saepul Djaman, SH., M.Mpd diterima oleh Ketua Pengadilan Agama Depok, Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Depok. Turut hadir juga para Hakim, Panitera, Sekretaris dan para Kasubbag pada Pengadilan Agama Depok.

Berbeda dengan kegiatan studi lapangan jumlat pekan lalu, kali ini kegiatan difokuskan pada dialog tanya jawab dimana para Calon Hakim mendapat kesempatan untuk bertanya apa saja yang menyangkut tugas-tugas hakim maupun hal-hal yang berkaitan dengan kesekertariatan. Kegiata berlangsung cukup seru dan para Calon Hakim tampak antusias bergantian mengajukan pertanyaan. Dialog yang hangat tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Menutup kegiatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Depok banyak berpesan kepada para Calon Hakim, diantara agar para Calon Hakim banyak membaca buku, perma dan peraturan-peraturan lainnya, pelajari juga hal-hal yang berkaitan dengan kesekertariatan, turut berperan aktif di organisasi yang ada di Mahkamah Agung, jaga integritas diri dan loyalitas kepada institusi, perhatikan kerapian dalam penampilan, bermasyakat dengan baik di lingkungan tempat tinggal.

Ketua juga memberikan apresiasi kepada para Calon Hakim atas sikap kritis bagusnya pertanyaan-pertanyaan yang muncul, dan tak lupa ucapan terimakasih kepada Balitbang Diklat KUmdil MARI atas terpilihnya Pengadilan Agama Depok sebagai tempat studi lapangan Diklat Calon Hakim Tahun 2018.