Seputar Peradilan

 Pengadilan Agama Depok  meluncurkan Aplikasi SIKOTA

Program baru yang mulai berjalan dan terus akan ditingkatkan dalam pelayanan publik di lingkungan Peradilan Agama adalah pendaftaran perkara secara online. Pada hari JUMAT, 26 Januari 2018 Pengadilan Agama Depok meluncurkan Aplikasi Kontrol Tabayun Online (SIKOTA).   Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. H. HASBI HASAN, M.H. Aplikasi Kontrol Tabayun Online (SIKOTA) Pengadilan Agama Depok dengan disaksikan Para Asisten Hakim, Panitera serta Para Hakim, Panitera, Sekertaris dan para pejabat fungsional & struktural Pengadilan Agama Depok tepat jam 09.30 WIB.

Sejak pertama dikembangkan Pengadilan Agama Banjarmasin, pendaftaran perkara secara online mulai menyita perhatian warga peradilan agama. Acara launching ini digelar sederhana di halaman samping Pengadilan Agama Banjarmasin Jalan Gatot Soebroto Nomor 97 Banjarmasin.

Aplikasi Kontrol Tabayun Online (SIKOTA ) yang dikembangkan oleh Jejen Nursalim, A.Md. ini sangat membantu pihak berperkara. Aplikasi Kontrol Tabayun (KOTA) adalah Aplikasi sebagai pengembangan dari Aplikasi MMIS, dimana aplikasi ini dapat membantu dalam pelaksanaan panggilan yaitu panggilan Tabayun, dimana mekanisme pelaksanaannya adalah dengan menginput / mengupload panggilan yang diterima , baik nomor perkaranya, dan tanggal sidang secara sistem aplikasi itu dapat membantu memberikan informasi :

  1. Mencari dan menampilkan data perkara yang dimintakan bantuan ke Pengadilan Agama Depok.
  2. Menampilkan informasi jurusita pelaksana yang melaksanakan bantuan tersebut.
  3. Dapat menampilkan file hasil bantuan dan dapat di download.
  4. Mempermudah dalam pelaksanaan pemanggilan untuk para jurusita karena aplikasi ini sudah difasilitasi dengan tampilan relaas berikut dilengkapi dengan surat perintah panggilan yang ditanda tangani oleh Panitera.

Keistimewaan dari Aplikasi ini adalah dapat secara otomotis memberikan informasi tentang jumlah panggilan yang harus dilaksanakan tiap masing masing jurusita berikut juga tentang berapa banyak yang sudah dilaksanakan ataupun yang belum dilaksanakan.

Dalam sambutannya Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. H. HASBI HASAN, M.H

menyatakan dukungan dan apresiasinya atas insiatif PA Depok khususnya Ketua PA Depok atas peluncuran Aplikasi SIKOTA. “Ini menjadi suatu poin tersendiri bagi warga PTA Jawa Barat dan menambah lagi program - program unggulan pelayanan publik yang sudah ada”,. 

Dalam peluncuran tersebut Dr. H. Andi Akram S.H., M.H Ketua Pengadilan Agama Depok dalam sambutannya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan terus melakukan inovasi dengan mengembangkan teknologi informasi demi kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada Pengadilan Agama.