Alur dan Penanganan Pengaduan

===============================================================

Penanganan Pengaduan Masyarakat bagi Mahkamah Agung dan jajaran Pengadilan dibawahnya telah diatur dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 076/KMA/SK/VI/2009.

Download SK KMA No. 076/KMA/SK/VI/2009

Berikut Skema Alur Penanganan Pengaduan Masyarakat Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 076/KMA/SK/VI/2009 :

alur penanganan pengaduan

Berdasarkan SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tersebut Pengadilan Tingkat Banding sebagai voorpost Mahkamah Agung RI diberi kewenangan menangani sendiri pengaduan masyarakat yang masuk, kecuali dalam beberapa hal Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dapat mengambil alih apabila :

  1. Telapor telah pindah tugas ke pengadilan lain yang berada di wilayah hukum di pengadilan tingkat banding yang lain
  2. Pengaduan bersifat pending atau menarik perhatian masyarakat
  3. Penanganan pengaduan yang dilaksanakan di pengadilan tingkat banding berlarut - larut

Pengadilan Tingkat Pertama diberikan kewenangan sebatas menerima pengaduan dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

Berikut Alur & Jangka Waktu Pengaduan oleh Pengadilan Tingkat Pertama :

 

alur jangka waktu pengaduan

 

Penanganan pengaduan saat ini mengakomodir pula hak-hak dari para pelapor seperti hak mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitas, mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun, mendapatkan informasi mengenai tahapan, penanganan pengaduan yang disampaikannya serta pelapor berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

.